Minggu, 31 Juli 2016

Apa itu SEO (Search Engine Optimization) pada website untuk meningkatkan traffic blog ?


Mungkin bagi para penjelajah baru dunia web blog baru mengenal tentang istilah yang satu ini, tapi bagi para blogger ataupun webmaster SEO sendiri adalah suatu kewajiban untuk meningkatkan atau menaikkan traffic pengunjung di blog ataupun website itu sendiri. Lantas apakah itu SEO ?



SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu cara yang dilakukan oleh seorang blogger ataupun webmaster pada suatu blog ataupun website yang menjadi objeknya yang bertujuan untuk meningkatkan keterlihtatan (visibilitas) pada blog atau website itu sendiri sehingga memungkinkan sebuah halaman website menjadi lebih mudah di cari di mesin pencari (search engine) dan berada pada peringkat atas dalam dalam suatu pencarian dengan kata kunci yang bersangkutan. Seperti pada gambar dibawah, google ads adalah suatu website yang memasang iklan berbayar sehingga websitenya tampil di peringkat atas mesin pencarian dalam satu keyword yang pada contoh berikut adalah bisnis waralaba, sedangkan dibawah google ads  ada organic search yang mana itu adalah hasil dari manajemen SEO yang baik sehingga website dapat tampil di peringkat atas pada suatu keyword pencarian di search engine.




Lalu apa sajakah manfaat dari SEO itu sendiri . Berikut adalah manfaat dari manajemen SEO yang baik :

1.Meningkatkan Traffic Kunjungan Pengguna Internet

Seperti yang kita ketahui semakin website kita berada di peringkat atau posisi teratas pada mesin pencari dengan keywoard tertentu, maka pengunjung website kita akan semakin banyak dan semakin besar hari demi hari . Kenapa begitu? karena seperti yang kita ketahui bahwa mayoritas dari pegguna Search Engine di dunia hanya akan membuka website yang tertera di halaman awal dari suatu pncarian di mesin pencari tu sendiri, dan website yang berada pada peringkat 1-4 teratas pada halaman 1 memiliki peluang di kunjungi lebih banyak pengunjung daripada website di halaman 2 sampai seterusnya.

2.Memperoleh Data dari Konsumer / Pengunjung Website

Beberapa pebisnis online bersedia meneluarkan dana lebih untuk memasang iklan di berbagai tempat dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak (nomor hp, email, pin, dan lainnya) pengunjung sebsite ataupun pelanggan tetap mereka, dengan mengetahui data ataupun kontak konsumer maka lebih mudah menghubungi mereka untuk menyebarkan iklan produk ataupun informasi lainnya. Disinilah peran SEO selanjutnya yaitu dengan memperoleh data dari konsumer atau pengunjung blog dengan memanfaatkan pengunjung yang masuk di website yang berada di peringkat atas yang sebelumnya telah dilakukan manajemen SEO dengan baik, dengan begitu proses pengiklanan ataupun tujuan dari suatu perusahaan akan mudah tercapai khususnya dalam bidang pengiklanan dan penginformasian.

SEO Terbagi Menjadi 2 Bagian "SEO On Page" dan "SEO Off Page"
 
1.SEO On Page
SEO On Page adalah pengoptimalan suatu website yang dilakukan dari dalam website itu sendiri.
Contoh :
-Menggunakan keywords yang tepat
-Menggunakan internal links
-Menggunakan kata yang menarik dan desain web yang baik
-Dan lain-lain.

2.SEO Off Page
SEO Off Page adalah pengoptimalan suatu website yang dilakukan dari luar website itu sendiri .
Contoh :
-Membangun backlinks dari media sosial (facebook, twitter, yahoo, dan lain-lain)
-Membangun backlinks dari forum online (kaskus, wordpress, kompas, dan lain-lain)
-Membangun backlinks dengan cara berkomentar di blog orang lain
-Dan lain-lain.

Catatan :
Keywords: Kata kunci yang digunaka pada mesin pencari
Search Engine: Mesin pencari yang digunakan ,misalnya : Google, Yahoo, dan lain-lain. 
Backlinks: Membangun links dari situs lain menuju website kita 

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar